Skip to main content

Studi Kelayakan Bisnis : Materi Aspek Ekonomi Sosial

Studi Kelayakan Bisnis : Materi Aspek Teknik/Operasi

ASPEK TEKNIK OPERASI

Aspek teknik operasi juga dikenal sebagai aspek produksi. Aspek ini sangatlah penting dilakukan sebelum suatu usaha dijalankan. Penentuan kelayakan teknis/operasi perusahaan menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan teknis/operasi, sehingga apabila tidak dianalisis dengan baik, maka akan berakibat fatal bagi perusahaan dalam perjalanannya dikemudian hari. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan dalam aspek ini adalah masalah penentuan lokasi, luas produksi, tata letak (layout), penyusunan peralatan pabrik, dan proses produksinya termasuk pemilihan teknologi. Kelengkapan kajian aspek operasi sangat tergantung dari jenis usaha yang akan dijalankan, karena setiap jenis usaha yag akan dijalankan, karena jenis usaha memiliki prioritas tersendiri.

Tujuan Aspek Teknis Operasi
Secara umum ada beberapa hal yang hendak dicapai dalam penilaian aspek teknis/operasi yaitu:

  1. Agar perusahaan dapat menentukan lokasi yang tepat, baik untuk lokasi pabrik, gudang, cabang, maupun kantor pusat.
  2. Agar perusahaan dapat menentukan layout yang sesuai dengan proses produksi yang dipilih, sehingga dapat memberikan efisiensi.
  3. Agar perusahaan bisa menentukan teknologi yang paling tepat dalam menjalankan produksinya.
  4. Agar perusahaan bisa menentukan metode persediaan yang paling baik untuk dijalankan sesuai dengan bidang usahanya.
  5. Agar dapat menentukan kualitas tenaga kerja yang dibutuhkan sekarang dan di masa yang akan datang.

Penentuan Lokasi Usaha
Secara umum pertimbangan dalam menentukan letak suatu lokasi sebagai berikut:

  1. Jenis usaha yang dijalankan
  2. Jarak dengan pasar/konsumen
  3. Jarak dengan bahan baku
  4. Ketersediaan tenaga kerja
  5. Ketersediaan sarana dan prasarana (listrik, air, transportasi)
  6. Jarak denagn pusat pemerintahan
  7. Jarak dengan lembaga keuangan
  8. Apakah berada dikawasan industri
  9. Kemudahan dalam melakukan ekspansi/perluasan
  10. Kondisi adat istiadat/budaya/sikap masyarakat setempat
  11. Hukum yang berlaku di wilayah setempat

Khusus untuk lokasi pabrik ada beberapa faktor tambahan yang menjadi pertimbangan, yaitu:

  1. Terdapat fasilitas pengangkutan seperti jalan raya, kereta api, pelabuhan, dan bandara.
  2. Biaya untuk investasi di lokasi seperti biaya pembelian tanah/gedung
  3. Prospek perkembangan harga atau kemajuan di lokasi tersebut di masa yang akan datang
  4. Iklim dan tanah
  5. Masalah pajak dan peraturan perburuhan didaerah setempat 

Metode Penilaian Lokasi
Paling tidak ada tiga metode yang dapat digunakan dalam menilai suatu lokasi sebelum menentukan lokasi usaha, yaitu:

  1. Metode penilaian hasil value, Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam metode penilaian hasil value antara lain: pasar, bahan baku, transportasi, tenaga kerja, dan pertimbangan lainnya.
  2. Metode perbandingan biaya (cost comparison method), Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam metode perbandingan biaya antara lain: bahan baku, bahan bakar dan listrik, biaya operasi, biaya umum, dan biaya lainnya.
  3. Metode analisis ekonomi (economic analysis method), Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam metode analisis ekonomi antara lain: biaya sewa, biaya tenaga kerja, biaya pengangkutan, biaya bahan bakar dan listrik, pajak, perumahan, sikap masyarakat, dan lainnya.

Tata Letak (Layout)
Layout merupakan suatu proses dalam penentuan bentuk dan penempatan fasilitas yang dapat menentukan efisiensi produksi/operasi. Layout dirancang berkenaan dengan produk, proses, sumber daya manusia, dan lokasi sehingga dapat tercapai efisiensi operasi. Pada umumnya jenis layout didasarkan pada situasi sebagai berikut:

  1. Posisi Tetap (Fixed Position), Layout jenis ini ditujukan pada proyek yang karena ukuran, bentuk, atau hal-hal lain yang menyebabkan tak mungkin untuk memindahkan produknya. Jadi produk tetap ditempat, sedangkan peralatan dan tenaga kerja yang mendatangi produk. Cotohnya, gedung dan pembuatan kapal.
  2. Orientasi Proses (Proces Oriented), Layout jenis ini didasarkan pada proses produksi barang atau pelayanan jasa. Biasanya layout jenis ini dapat secara bersamaan menangani suatu produk atau jasa yang berbeda. Contohnya, rumah sakit.  
  3. Tata Letak Kantor (Office Layout), Layout jenis ini berkaitan dengan layout posisi pekerja, peralatan kerja, tempat kerja, tempat yang diperuntukkan untuk perpindahan informasi (perpindahan informasi dengan telekomunikasi maka layout akan sangat mudah, jika perpindahan orang dan dokumen maka layout perlu dipertimbangkan).
  4. Tata Letak Pedagang Eceran (Retail and Service Layout), Yaitu layout yang berkenaan dengan pengaturan alokasi tempat serta arus bermacam produk atau barang agar lebih banyak barang yang dipajang sehingga lebih besar penjualannya.
  5. Tata Letak Gudang (Warehouse Layout), Layout ini lebih ditujukan pada efisiensi biaya penanganan gudang dan memaksimalkan pemanfaatan ruangan gudang. Jadi tujuan dari layout ini adalah untuk memperoleh optimum trade-off antara biaya penanganan dan ruang gudang.
  6. Tata Letak Produk (Product Layout), Layout jenis ini mencari pemanfaatan personal dan mesin yang terbaik dalam produksi yang berulang-ulang dan berlanjut atau continue. Biasanya layout ini cocok apabila proses produksinya telah distandarisasikan serta diproduksi dalam jumlah yang besar. Setiap produk akan melewati tahapan operasi yang sama dari awal sampai akhir. Contohnya, perakitan mobil.

Pemilihan Teknologi
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan teknologi antara lain:

  1. Ketepatan teknologi dan bahan bakunya
  2. Keberhasilan teknologi di tempat lain
  3. Pertimbangan teknologi lanjutan
  4. Besarnya biaya investasi dan biaya pemeliharaan
  5. Kemampuan tenaga kerja dan kemungkinan pengembangannya
  6. Pertimbangan pemerintah dalam hal tenaga kerja
  7. Dan pertimbangan lainnya


Sumber;
Kasmir & Jakfar. 2017. Studi Kelayakan Bisnis (edisi revisi). Jakarta: Prenadamedia Group.

Comments

Popular posts from this blog

Studi Kelayakan Bisnis : Materi Aspek Keuangan

ASPEK KEUANGAN Investasi yang dilakukan dalam berbagai bidang bisnis (usaha), sudah barang tentu memerlukan sejumlah modal (uang), disamping keahlian lainnya. Modal yang digunakan untuk membiayai suatu bisnis, mulai dari biaya prainvestasi, biaya investasi dalam aktiva tetap, hingga modal kerja. Untuk pertama kali modal digunakan untuk membiayai biaya prainvestasi, seperti pengurusan izin-izin dan pembuatan studi usaha. Kemudian selanjutnya yang harus dikeluarkan adalah untuk pembelian aktiva tetap seperti pembelian tanah, pendirian bangunan atau gedung, pembelian mesin-mesin, dan aktiva tetap lainnya. Untuk memenuhi kebutuhan investasi, modal dapat dicari dari berbagai sumber dana yang ada, baik bersumber dari modal sendiri atau modal pinjaman.  Secara keseluruhan penilaian dalam aspek keuangan meliputi hal-hal seperti: Sumber-sumber dana yang akan diperolehKebutuhan biaya investasiEstimasi pendapatan dan biaya investasi selama beberapa periode termasuk jenis-jenis dan jumlah biaya y…

Studi Kelayakan Bisnis : Materi Analisis Dampak Lingkungan Hidup (AMDAL)

Pengertian AMDAL Analisis dampak lingkungan hidup (AMDAL) adalah studi yang dilakukan sebelum suatu proyek dijalankan, untuk mempelajari dampak lingkungan yang bakal timbul, baik dampak sekarang maupun mendatang. Selain untuk mengetahui dampak yang akan timbul studi ini juga mencarikan jalan keluar untuk mengatasi dampak tersebut. Arti lain analisis dampak lingkungan hidup adalah teknik untuk menganalisis apakah proyek yang akan dijalankan akan mencemarkan lingkungan atau tidak dan jika ya, maka diberikan jalan alternatif pencegahannya. Perlunya dilakukan studi AMDAL sebelum usaha dilakukan mengingat kegiatan-kegiatan investasi pada umumnya akan mengubah lingkungan hidup. Oleh karena itu menjadi penting untuk memperhatikan komponen-komponen lingkungan hidup sebelum investasi dilakukan. 
Adapun komponen lingkungan hidup yang harus dipertahankan dan dijaga serta dilestarikan fungsinya antara lain:
Hutan lindung, hutan konservasiSumber daya manusiaKeanekaragaman hayatiKualitas udaraWaris…